Jumat, 30 Mei 2008

Taman Burung depan Rumah

Dedek paling seneng kalau pagi2 sekitar jam 06.00 jalan2 di depan rumah. Kenapa? soalnya di depan rumah kalau pagi mirip taman burung, segala macam burung berkicau dan manggung. Rame banget pokoknya, terbang dari satu pohon ke pohon lain. Memang rumah dedek di Rumbai masih banyak pohon besarnya, hutan dibelakang rumah sengaja dibiarkan liar dan komplek perumahan di rumbai menjadi surga bagi para binatang. Hutan diluar komplek sudah habis ditebang. Binatang yang ada di hutan belakang rumah ada celeng/babi hutan yang kadang kalau malam suka merusak taman dan kadang2 srudak sruduk nabrak rumah jdeerr!!!. Yang paling banyak populasinya adalah monyet, mereka keluar dari hutan buat nyari makan, kebetulan di sebelah rumah ada beberapa pohon matoa (buah dari papua, mirip kelengkeng), belum sampai masak pasti udah abis sama monyet. Pohon kelapa juga gak lepas dari serbuan monyet. Mereka berkelompok dan terus berkembang biak. Ada juga Kalong, Tupai coklat maupun kuning dan merah yang paling bagus.

Kembali ke soal burung, jenis burung yang bapak tau antara lain enggang, betet, perkutut, jalak hitam dan segala macam, burung yang bapak gak tau namanya. Pokoknya rame banget deh, tapi jam 06.30 mereka udah berhenti berkicau dan berganti suara mesin mobil yang kedengar.

Foto ini diambil hari minggu 18 mei 2008 pas ada burung Enggang (yang paruhnya besar warna kuning) mampir di depan rumah.

Tidak ada komentar: