Rabu, 26 November 2008

MUDIK 2008............ Candi Borobudur

Hari kedua di Jogja, Rabu 8 Oktober 2008
Bangun tidur kuterus mandi, itu lagu buat ngiringin dedek mandi, tapi jangan dibayangkan mandinya enak kayak di rumah. Dengan kondisi wisma yang tanpa bath up, akhirnya dedek mandi dengan cara duduk dilantai. Untungnya ibuk udah nyiapin tempat duduk dari karet yang khusus dibeli di ace hardware, memang cerdas ibuknya dedek ya.... he he..

mandi...... mandi.....

Abis mandi rutinitasnya adalah sarapan, yak sarapan bubur buatan pabrik yang dedek paling gak suka. Enakan buatannya Lek Yuli, pake resep warisan, bubur nasi dicampur aduk sama daging ayam, sayuran, wes pokoknya mak nyuuss, dan dedek doyan banget. Kondisi tidak memungkinkan ibuk buat bubur dan nyalain kompor di wisma, jadilah selama cuti dedek makan dengan terpaksa.

Sementara dedek menderita karena makanannya gak enak, yang lain sumringah karena menu sarapan di wisma selalu ganti. Mas Adek paling mantap makannya, semua dicicip, mulai dari roti bakar, nasi, jus sampai tisu, untung yang terakhir dilarang sama bapak hue he he...

Kenyang sarapan, acara selanjutnya mau jalan2 ke Candi Borobudur yang katanya merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia (padahal dicari2 di internet gak pernah disebutin ...:-) )

Acara hari ini khusus buat jalan-jalan, karena hari sebelumnya mas, mbak dan dedek trauma diajak ke pasar Beringharjo. Dan ke Candi Borobudur ini merupakan cita2 Mas Adek yang pingin jadi dokter, lho apa hubungannya ya? mungkin aja mas mau minta do'a sama patung di sana hi hi hi.

Sebelum ke ke tujuan utama, mampir2 dulu. Pertama, mampir ke rumah Mbak Anne dan Mbak Chia yang baru pindah ke Jogja dari Riau karena ngikut ibunya yang kuliah lagi. Muter2, akhirnya ketemu juga setelah dipandu sama Om Reza pakai telpon. Kangen2an sebentar dan perjalanan dilanjutkan.

Mbak Anne kok sedih?.........

Kedua, tujuannya ke rumah Om Kelik alias Om Saptono, saudara bukan kandung dari bapak dan ibuk. Bukan kandung? yak karena lahir dari ibuk yang berbeda, bapak yang berbeda, nenek kakek yang berbeda, tapi pokoknya saudara titik, hi hi hi.

Rumah baru Om Kelik, yang lama kena gempa Jogja 2006

Di rumah Om Kelik dedek tidur, dengan kondisi masih pilek dan minum obat, sementara dedek tidur, bapak manjat2 pohon jambu, inget masa kecil dulu. Mas adek, main Drum sendiri di rumah Om Anto, Mbak putri dan ibuk ngabisin bakwan sama tahu isi yang disuguhin he he.

harus pake tangga

Di rumah Om Kelik juga disuguhin makan siang, waduh jadi ngerepotin, dengan malu2 mas adek makan dengan lauk gurami goreng dan lotek, kayaknya sengaja Om Kelik nyuguhin menunya untuk mengenang masa2 dulu bapak dan ibuk di Jogja. Kalau gak punya duit main kerumah Om Kelik, mancing ikan gurame di kolam, terus beli lotek di warung depan rumah. Walaupun malu2, ludes juga makanan di meja, hua ha ha, dan abis itu langsung SMP (setelah makan pergi).

Akhirnya ke tujuan awal, yaitu ke Candi Borobudur. Dengan kecepatan sedang avanza telur bebek melaju, melewati jembatan krasak, kota Muntilan, belok kiri, eeeh cuma 40 menit udah sampai parkiran candi.

Parkir, siap2, dan masuk. Dari parkiran ke candi lumayan jauh jalannya, untung kondisi cuaca agak mendung dan teduh. Setelah jalan sebentar melewati taman akhirnya tampaklah Candi Borobudur yang berdiri megah. Poto2 sebentar dibawah dan dengan terpaksa dedek sama ibuk ditinggal dibawah gak ikutan naik ke candi, alasannya susah ndorong2 stroller naik2 tangga. Dedek sabar ya... kapan2 kita kesana lagi dan dedek pasti diajakin naik.

kapan2 kita naik ke atas ya dek.... sekarang dibawah dulu

Yang naik, bapak, mas dan mbak. Mbak Putri terbengong2 ngeliat batu disusun2 begitu, kok bisa ya pikirnya. Setelah menaiki beberapa ratus anak tangga akhirnya sampai di puncak candi dengan wajah memerah dan baju yang basah oleh keringat. Poto2 lagi, gaya2 lagi, dan akhirnya ya turun...........

jaim, cool.........

narsis pol

cocok ya......

gaya andalannya mas..........

Sampai bawah ternyata dedek lagi ngamuk karena kepanasan, mau minum ASI, akhirnya ibuk ke posko P3K dan dedek bisa tenang, dan tidur. Dengan menggendong dedek yang 12 kilo ibuk jalan terseok2 ke parkiran (waduh bahasanya...:-)) ).

Selamat tinggal Candi Borobudur.

Pulangnya sempet mampir di soto Pak Sholeh di depan alun2 Sleman, sebelum akhirnya balik ke wisma. Waah badan capek semua, tapi puas karena kesampaian juga ngeliat hasil karya dari nenek moyang kita.

gaya dulu, abis perut kenyang makan soto

bersambung..........




1 komentar:

depot.pulsa-listrik mengatakan...

seru banget bs wisata bareng keluarga..