Sabtu, 29 November 2008

MUDIK 2008.......... naik andong malioboro

Jum'at, 10 Oktober 2008, hari ke 4 di Jogja.

Tujuan kali ini adalah wisata ke Malioboro, kurang afdol kalo udah ke Jogja enggak mampir Jl. Malioboro. Bukan wisata belanja yang jelas, soalnya bapak sama ibuk tau, kalau mau belanja jangan di Malioboro, soalnya tau tempat yang lebih murah, selain itu kalau nawar2 barang di Malioboro harus dengan perjuangan dan "otot2an".

Sengaja berangkat agak pagian biar dapat parkir, bener aja, akhirnya avanza telor bebek dapat parkir lega di jalan samping Malioboro Mall. Tujuan pertama adalah ke toko benang, namanya toko 63 (lho katanya gak wisata belanja?), iya mampir bentar aja ibuk, daripada kepikiran. Setelah beli beberapa benang rajut, akhirnya diputuskan dengan suara bulat mau naik andong. Yak.... naik andong keliling jalan Malioboro muter ke Jalan Mataram.

Tengok kanan kiri, akhirnya diputuskan naik andong wisata no 02. Sepertinya kudanya kenal baik deh sama mas, soalnya begitu kami mendekat, kudanya langsung senyum ke arah mas, lho?...

pada hari Jum'at ku turut ayah ke kota........
naik andong istimewa ku duduk di muka........
..................
tuk tik tak tik tuk......... (kayaknya lagunya salah ya, soalnya kalau didengerin gak ada suara kayak gitu, yang ada malah tok tok tok)

dedek masih takjub dengan binatang yang namanya KUDA

Selama perjalanan semua menikmati pemandangan kanan kiri jalan, liat Istana Presiden, Kantor Pos Gede, Bank Indonesia, tukang akik di sepanjang jalan, toko Progo, hotel Melia Purosani, pedagang oleh2, hotel Mutiara, akhirnya gak kerasa balik lagi ke tempat semula. Selesai sudah perjalanan dengan andong wisata. Setelah foto2 bentar, pamitan sama kudanya (tapi gak pakai cium pipi lho), nyebrang masuk Malioboro Mall, bukan buat belanja, tapi mau ngadem.

dedek kayaknya sedih mau pisah sama kuda

Setelah kepala rada adem, perjalanan di lanjutkan lagi.

"Ibuk mau cari baju batik nih, buat ke kantor, bapak juga baju batiknya udah gak pernah ganti2" kata ibuk, "Kalau mau nyari yang murah ya di Pasar Beringharjo"
Semua kompakan bilang "Nggak mauuuuuuuu, ampuuun Buuukkk"

Rupanya mas sama mbak udah trauma begitu nyebut Pasar Beringharjo, udah kebayang panas dan sumpeknya. Ya udah akhirnya ibuk ngalah, dan bapak putar otak mau kemana nih nyari batiknya yang bagus tapi juga gak mahal2 banget. Setelah pikir2 bapak akhirnya inget ada bazaar batik di Sapphire Square jalan Solo. Kecuali tempatnya adem, di lantai atas juga ada arena bowling. Sementara bapak dan ibuk belanja, mas dan mbak main bowling di lantai atas.

mas in action

gaya yang aneh

Setelah pilih dan pilih akhirnya dapat beberapa baju batik. Semua dapat, kecuali dedek, gak ada baju yang seukuran dedek.

abis shopping batik....

Sebelum pulang mampir ke loundry buat ambil cucian, oh ya, ternyata di jogja yang terkenal sebagai kota peladjar, kota kost2an sekarang menjamur londry2 di setiap sudut jalan, beda banget waktu jamannya bapak ibuk kuliah dulu. Hebatnya lagi, loundry sehari jadi harganya sangat2 murah, harganya bukan per potong baju, tapi kiloan (kayak jeruk aja ya pake ditimbang). Waktu itu mencuci 18 potong baju dengan berat 4,2 kg hanya Rp. 12.000 saja, hue he he. Akhirnya selama di Jogja, nyuci bajunya di loundry "mahasiswa" aja, jadi pas pulang enggak bawa baju kotor.

cuma 12 ribu rupiah saja

Malamnya cari makan keluar, makan apa kali ini ya? steak udah, sate udah, soto udah, bebek goreng? ini yang belum dicoba. Bapak pernah liat ada rm bebek goreng yang selalu ramai, siang malam selalu penuh. Biasanya kalau rame ada dua alasannya, pertama murah, kedua makanannya uenak banget, pokoknya endang bambang surendang lah. Ya... akhirnya si avanza telor bebek meluncur cari temennya, bebek goreng, tempatnya ada di jalan Gejayan. Nama rumah makannya RM. BEBEK GORENG H. SLAMET (ASLI), ada yang palsu kali ya.....

Cari parkirnya susah, akhirnya dapat juga walaupun agak jauh, waduh perjuangan baru dimulai nih, sampai di dalam, ramainya bukan main, semua meja penuh, akhirnya nungguin orang yang udah mau selesai makan, sempet rebutan sama orang lain yang juga ngantri, akhirnya orangnya takut juga sama pasukannya bapak yang gede2. Bapak pesen bebek goreng (ya iya laah , masak pesen sate bebek)... beberapa potong, dan tunggu. Karena begitu ramainya bapak udah ngebayangin nih, bebek gorengnya pasti mak nyuuusss banget. Engak berapa lama bebeknya datang, wek wekk wekk , lho2 mas bebeknya kok masih idup?....

Inilah pertama kalinya makan bebek, semua, ya semuanya baru pertama kali makan bebek. Ternyata sodara2 sekalian, entah karena baru pertama kali makan bebek atau emang gak suka bebek, rasanya tidak ada yang istimewa. Naaahh masih ada kemungkinan kedua kenapa tempat ini ramai, kemungkinan adalah murahnya. Abis makan bapak bayar, ternyata lagi2 sodara2 sekalian, harganya sedang2 saja. Jadi ramainya kenapa ya?........ wes ah, buat yang mau ke Jogja, buat yang suka bebek goreng RM ini patut dicoba.......

Bebek Goreng H. Slamet (Asli)

Cukup sudah untuk hari ini sodara2.................

bersambung...........






1 komentar:

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.