Minggu, 03 Februari 2008

Bulan keduaku

Memasuki bulan kedua dedek...............bulan nopember 2007.
Berat badan dedek alhamdulillah terus dan terus beranjak naik, banyak temennya bapak yang sudah sebulan gak liat dedek langsung kaget............ "Anakmu dikasih apa? kok bisa ndut gini?......"
Sambil guyon bapak bilang "Tak glondong......" soalnya waktu itu lagi seru2nya masalah sapi glondongan (sapi sebelum dijual dan dipotong diisi air supaya beratnya nambah.... ada ada aja cara orang cari duwit, yang harampun dilakukan, Astaghfirullah....)

Banyak hal dan peristiwa yang terjadi dibulan keduanya dedek ini.

Pertama : aqiqah dan lek Dana

Dedek aqiqah hari Rabu tanggal 31 Oktober 2007, masuk 5 minggu umurnya dedek. Lho kok baru di aqiqah sekarang? katanya aqiqah itu seminggu setelah kelahiran atau kelipatannya..... Alasannya menurut bapak dan ibuk adalah yang penting niatnya dan diambil waktu yang pas supaya tujuan aqiqahnya mengena. Tujuan aqiqah adalah memberi khabar gembira atas kelahiran anak kepada sanak saudara dan para tetangga dekat, dengan cara memotong kambing, memasak dan membagikan atau menikmati bersama. Lha mau diadakan seminggu setelah dedek lahir? seperti cerita sebelumnya ... karena musim lebaran tlah tiba, semua orang cuti, gak ada siapa-siapa.. ya.... akhirnya tunggu mereka datang dulu.

Tiga hari sebelum aqiqah dedek, lek Dana, bulek Yuni dan mas Izzi datang dari Lampung. Sebelumnya mereka ke Padangsidempuan dulu main ke rumah pakde Sigit. Ya... Aqiqahnya dipasin juga pas ada lek Dana, biar ada yang mbantuin......

Bapak pesen kambingnya di RM Selera Kampoeng, 2 ekor, dibikin sate dan gule. Untuk praktisnya juga dari RM sudah dibungkusin pake kotak untuk dianter-anter ke tetangga dan temen deket. Malamnya ada juga acara makan makan bersama beberapa temen aja, ada Oom Susie, Oom Reza, Oom Erry, Oom Cakra, Oom Wahyu dan Oom Edot. Alhamdulillah semua ludes, tinggal capeknya aja beres-beres, untung banyak yang mbantuin dirumah.

Kedua : Mbah Kung dan mbah Uti

Mbah datang dari Situbondo, mbah orangtuanya ibuk, pertama kali liat dedek mbah Kung nangis, bukannya sedih, tapi nangis seneng, gembira bisa ketemu dedek. Dedek cucunya mbah Situbondo yang ke 5. Yuswo mbah sudah 73 dan 72 tahun, jauh-jauh dari Situbondo untuk nengokin dedek. Padahal mbah sudah sepuh, sudah susah jalannya, terutama mbah Uti, tapi demi dedek mbah menempuh perjalanan seharian penuh dari Situbondo ke Pekanbaru. Dedek do'akan mbah Kung dan mbah Uti sehat selalu... Amiiinnn, Insyaallah kalo dedek sudah kuat pasti gantian dedek yang main ke rumah mbah di Situbondo.

Ketiga : Mbah Wagiman

Mbah Wagiman juga datang seminggu setelah mbah Situbondo, mbah Wagiman adalah adiknya mbah Kakung alm dari Lampung, mbah juga bapaknya lek Yuli yang sudah ada di rumah sebelum dedek lahir. Mbah Wagiman datang nganterin mbak Leni untuk bantu-bantu masak dibelakang dan sekalian mau ketemu sama mbah dari Situbondo. Pas ada mbah Wagiman kami sempet makan bersama diluar, dirumah makan Pendowo, dedek diajak juga.

Kempat : Ibuk dipindah ke Duri

Ini berita baik atau buruk ya....? Ibuk sudah 10 tahun kerja di Explorasi di rumbai, dan kata bossnya ibuk sudah saatnya ibuk rotasi ke bagian development. Jadilah ibuk dipindah ke asset, tepatnya di Bekasap AMT. Waahhh.... itu teamnya bapak waktu masih ngantor di duri dulu..... masih ada beberapa temennya bapak yang di team itu, selebihnya pindah team atau keluar.

Daahh..... sekarang cerita soal dedek......,
Kegiatannya dedek adalah, bangun tidur subuh, mandi jam 8, terus nonton ngelenong yuuk di trans TV (yang nonton bapak.... he he), kalo ada panas dedek digendong bapak untuk dijemur, terus dedek bobok sampe siang, diselingi bangun mimik ASI dan nangis akhirnya mandi sore jam 16.oo, malem bobok jam 21.00-an. Tengah malem dedek udah jarang bangun lagi...


Dedek dibawa keluar jauh pertama kali ke pekanbaru, cari baju dan celana panjangnya dedek, terus belanja ke hipermart. Lehernya dedek waktu itu belum kuat banget, tapi sama bapak sering dilatih, tinggal mbah Uti-nya yang marah-marah ke bapak "Ati-ati...! awas lehernya....! he he.




Tidak ada komentar: